Tuesday, 14 February 2012

Tutorial Seleksi Lebih Cepat dengan Quick Mask pada Photoshop

Pada tutorial sebelumnya tentang merubah foto biasa menjadi ala studio, merupakan cara lain ketika kita akan menyeleksi sebuah foto. Memang ada beberapa tool yang terdapat dalam photoshop, untuk itu silahkan temen-temen menggunakan mana yang lebih cepat dan lebih disenangi. Dan kali ini, adalah cara yang lain dalam menyeleksi foto dengan Quick Mask Tool

Prinsip kerja quick mask adalah penggunaan channel secara live tanpa harus memilih layer pada panel pallete channel itu sendiri. Proses kerjanya seluruh bagian berwarna merah adalah bagian yang tidak terseleksi, untuk memberi warna menjadi merah atau sebaliknya kita akan menggunakan brush tool. Seleksi Quick mask bertumpu pada penggunaan brush, sehingga harus cermat menggunakan brush tool sesuai dengan kondisi gambar yang akan diseleksi. Maksudnya adalah jika gambar dengan detail tinggi maka kita gunakan brush dengan hardness tinggi dan sebaliknya.

Langkah 1
Masukkan gambar pada lembar kerja photoshop dengan cara klik Menu File > Open.
Sebagai contoh adalah foto di bawah ini, namun jika temen-temen menggunakan foto lain silahkan saja, yang terpenting adalah langkah-langkahnya pemilihan tool yang digunakan.

Langkah 2
Pada mode quick mask kita dapati bahwa bagian yang tidak dipilih akan terbungkus lapisan berwarna merah, istilahnya RUBYLITH. Pada gambar di atas kita akan memisahkan gambar foto dengan mobil. Klik mode quick mask pada tool box kemudian tekan ALT+Del untuk menutup gambar dengan rubylith.


Langkah 3
Pilih Brush tool, merupakan tool yang paling dasar untuk penyuntingan quick mask. Untuk mengaktifkannya tekan keyboard B. Gunakan brush standart saja yaitu brush berbentuk lingkaran. Atur hardness menjadi 100% untuk gambar high resolution dengan pojokan kontras atau hardness 0% untuk gambar dengan pojokan blur.

Langkah 4
Atur warna latar depan dan belakang (Background dan Foreground), tekan tombol keyboard D untuk menampilkan warna latar depan dan belakang secara default, yakni hitam dan putih. Untuk menukar warna foreground menjadi background kita tinggal tekan X aja. Lalu sapu gambar. Ingat daerah yang akan dipilih, kita sapu dengan warna latar depan putih. Untuk menambahkan rubylith, kita sapu dengan warna latar depan hitam.
Untuk langkah awal sapukan brush dengan ukuran kecil pada keseluruhan tepi gambar yang ingin diseleksi. Jika kesulitan menggunakan brush dengan tampilan / view yang kecil Anda bisa besarkan view menggunakan klik Menu View > Zoom In dan mengecilkan view menggunakan klik Menu View > Zoom Out
Selanjutnya sapukan brush yang lebih besar pada gambar yang ingin diseleksi pada bagian tengah, cara ini akan mempercepat menghilangkan rubilith pada gambar yang akan diseleksi. Untuk memperkecil brush tekan tombol keyboard [ dan untuk meperbesar brush tekan tombol keyboard ]. Ini hasil dari menyapukan brush untuk menghilangkan rubilith.
catatan :
Pada bagian rambut / bagian rumit untuk sidapukan brush maka atur flow dan opacity menjadi 15% agar terlihat samar.
Hasilnya gambar foto saya tidak lagi berwarna merah.
 Langkah 5
Jika kita sudah mendapatkan mask yang dinginkan, klik ikon Quick Mask sekali lagi untuk unmask atau tekan Q untuk beralih ke mode standar, keluar dari quick mask. Seleksi secara otomatis mengelilingi foto selain mobil.
Tekan [shift]+[ctrl]+[i] untuk membuat seleksi “inverse” dan tekan [delete] untuk menghilangkan bagian background (mobil). 
Namun jika foto terseleksi yang akan dihapus maka tidak perlu seleksi "inverse" lalu tekan tombol delete.
Modus seleksi inverse adalah seleksi bagian luar dari gambar yang semula kita seleksi (background = yang semula warna merah) . seperti gambar di bawah ini. Perhatikan perbedaan seleksi (titik-titik yang mengelilingi foto) dengan gambar di atas.

selanjutnya setelah ditekan tombol delete akan didapatkan hasil seperti gambar berikut.

Kalau sudah sampai tahap ini, selanjutnya silahkan berkreasi dengan foto yang sudah temen-temen seleksi.

demikian semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment